Tuesday, October 6, 2015

Cek Status STB UseeTV

Hampir semua settingan yang digunakan sudah default di firmwarenya, kecuali pilihan DHCP (ada yang default ada yang tidak) dan input untuk username dan password

Untuk melihat settingan pada STB, gunakan remote control STB, tekan set - kemudian inputkan password setting 6321 ,




Cek DHCP dan User UseeTV

Dari menu diatas, arahkan kursor ke OK dan tekan tombol OK pada remote STB.

akan muncul menu sebagai berikut :




Jika pilihan koneksi bukan di DHCP, maka akan terjadi 'error 1305', namun error 1305 ini, tidak hanya disebabkan oleh setting STB saja. rekening adalah username useetv dan kata sandi adalah password useetv. username useetv bisa sama dengan username internet, bisa juga berbeda. Jika ingin mengetahui username dan password, tanyakan kepada petugas. Jika username atau password salah, maka akan diminta untuk menginputkan kembali atau terdapat komentar bahwa authentication error dan tentu saja, kita tidak bisa menikmati useetv

Password useetv juga digunakan default password 'parental control'.

Cek IP Address STB

Dengan Mengetahui IP Address STB, kita dapat memprediksi status koneksi useetv. Untuk men-cek IP address STB kita lihat pada menu info jaringan : dari tampilan diatas diatas pilih 'tingkat lanjut' - 'sistem informasi'


kemudian 'info jaringan'.



Apakah sudah mendapatkan IP Address 10.x.x.x ?, seperti contoh diatas mendapatkan IP Address (Alamat IP) : 10.42.143.244 , jika iya .... masih ada harapan kalo useetv tidak bermasalah. Dan seharusnya tidak muncul 'error 1305'. Jika, kita kembali, muncul error 1305, kemungkinan koneksi terputus namun IP address masih tergenggam.

Setelah STB mendapat IP Address belum menjamin 'layanan bisa ditonton dengan nyaman, karena bisa terjadi error yang lain, misalnya 4604, 4514 atau 12.

Jika IP Address STB : 192.168.1.12, merupakan default IP address STB UseeTV. IP address ini diperoleh dari dirinya sendiri. Coba dulu cek kabel atau lokasi port LAN.

Kemungkinan lain, STB mendapatkan IP Address 192.168.1.2 atau 192.168.1.x tetapi x bukan 12. Penyebabnya adalah STB mendapat IP Address dari DHCP ONT atau Home Gateway. Bisa juga mendapat IP Address yang lain tergantung pada IP Address ONT atau Home Gateway.
Untuk layanan UseeTv, ONT berfungsi sebagai bridge dan settingan DHCP pada ONT untuk port LAN yang dikoneksikan dengan STB (UseeTV) harus disable. Pada ONT ZTE F660, settingan ini dilakukan melalui OLT (backroom Telkom).


Cek Setting Gambar

STB yang dipinjamkan oleh Telkom, ada yang mendukung HDMI dan ada yang tidak.
Jika STB yang dipinjamkan, mendukung layanan HDMI, umumnya mempunyai dua interface yaitu HDMI dan RCA. Kita bisa memilih salah satu interface sesuai dengan Televisi / Layar display yang ingin kita koneksikan.
Cara untuk melihat setting gambar, menuju menu pengaturan gambar/suara



Kita bisa mengganti settingan sesuai dengan interface yang kita gunakan. Pilih PAL jika menggunakan kabel RCA dan jika menggunakan HDMI, pilih 720P atau 1080I.




Kualitas Video UseeTV
 
Kualitas video dari layanan useetv dipengaruhi oleh banyak hal, tidak sekedar dari kabel yang kita gunakan antara ONT dan STB, diantaranya adalah 'kualitas source video : HDTV atau SDTV, kualitas jaringan serta setting STB dan TV. Untuk lebih lengkap, klik disini.



Semoga sharing ini bermanfaat


Artikel terkait

125 comments:

  1. Terima kasih sebelumnya sudah menambah pengetahuan ttg USeeTV..
    Mau bertanya lebih jelas ttg setting IP Address USeeTV di ZTE F660..
    STB saya dpt IP nya 192.168.1.x, bukan 10.x.x.x

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba cek, apakah kabel sudah di LAN 4 ? standard Telkom untuk UseeTV d
      ikonfigurasi di LAN 4 untuk ONT ZTE.
      2. Coba lakukan langkah ini : "DIsable DHCP ONT pada LAN4(seharusnya, ini dikonfigurai oleh backroom lewat OLT, barangkali langkah ini terlewat).
      - Login ke ONT , default : alamt 192.168.1.1 user dan ps admin
      - Pilih Menu : Network - LAN - DHCP port Service - berikan tanda centang pada LAN 4 - submit
      - Kemudian masih di LAN - pilih DHCP mode - pilih port : LAN 4 - DHCP mode : from internet - submit.
      3. Jangan lupa : Cek DHCP di STB.
      4. Restart STB.
      Jika belum bisa juga..... kemungkinannya konfigurasi di Telkom.

      Delete
    2. saya mengikuti cara diatas kok masih belum bisa ? solusinya gimana ?

      Delete
    3. kasusnya sama atau beda ? apakah muncul error ?

      Delete
    4. Eror nama pengguna dan katasandi salah

      Delete
  2. Jazakalloh khoir atas ilmunya..
    Alhamdulillah masalah terselesaikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mudah mudahan nggak error lagi ....

      Delete
  3. mau bertanya, kalo masalahnya muncul pesan "terjadi kesalahan setting binding STB IPTV" Bagaimana penyelesaiannya.? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturan Telkom ini dimaksudkan untuk security : User UseeTV diikat (bind) dengan MAC Address STB tertentu. Bind tersebut kemungkinannya adalah : STB kak Denu pernah digunakan untuk user IPTV yang lain atau User IPTV nya pernah dicoba di STB yang lain.
      Solusinya : dilakukan un-bind terlebih dahulu. Biasanya, Help Desk UseeTv Telkom mengoperasikan aplikasi ini.
      Jika punya no. kontak Teknisi, bisa hubungi dia, agar dibantu untuk solusi.

      Delete
    2. apakah ini berarti bahwa satu rekening hanya untuk satu STB?
      bagaimana kalau kita mau memparalel dengan dua STB ?

      Delete
    3. bisa mengunjunga : http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/12/bagaimana-cara-paralel-2-televisi-atau.html .
      Mudah-mudahan terjawab

      Delete
  4. Tanya ya. Ketika pindahkan koneksi useeTV dari LAN 4 ke LAN 3 kenapa ya hanya ada suara tapi tidak ada gambar ? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kita berlangganan 1 useetv (1 STB), (aturannya) hanya dibuka di satu LAN, yaitu LAN4, dan LAN yang lain (aturannya) tidak bisa digunakan untuk UseeTV.
      Jika kita berlangganan 2 useetv (2 STB), maka diatur di LAN4 dan LAN3 atau LAN yang lain.... dan bandwidth aksesnya harus dua kali. Kalau 1 STB butuh 4 Mbps, 2 STB butuh 8 Mbps untuk SDTV.
      Kemungkinannya penyebabnya : pengaturan bandwidth.
      O iya, jika jaringan dirumah menggunakan media tembaga, port LAN untuk useetv, bisa kita atur sendiri melalui menu Home Gateway ADSL.

      Delete
    2. Thx atas penjelasannya.
      Kebenaran di area rumah sudah ada jaringan FO. Sy baru 1 minggu langganan yg 10 Mb, rencana mau sewa 2 STB HD lagi utk konek ke 2 TV ruangan lain. Berarti pemakaian 10 Mb Indihome ini termakan bandwithnya bukan hanya internet saja, tapi kena impact ke usee tv juga ? Apalagi yg HD ?
      Thx.

      Delete
    3. Kalo' kita lihat di brosur indihome, 10 Mbps untuk internet saja. Alokasi bandwidth untuk IPTV , diatur sesuai langganannya, tidak memakan BW internet, kalo HD tentu lebih besar lagi yang dibutuhkan, Maka, kalo mau langganan yang HD harus daftar sesuai yang diinginkan. Artinya semakin banyak berkangganan useetv, semakin banyak alokasi BW... tapi itu nggak masalah untuk teknologi yang digunakan saat ini.
      Untuk FO, instalaslinya harus hati-hati, agar kualitas jaringan tetap terjaga.

      Delete
  5. mau tanya kalau tayangannya Live TV nge-blank semua itu kenapa ya? tapi masih bisa digunakan untuk nonton Video On Demand.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian ini sering terjadi di useetv. Penyebabnya : backroom telkom "lupa" menambahkan perintah konfigurasi untuk multicast di Node GPON OLT atau MSAN pada port pelanggan useetv.
      Solusinya : menghubungi Telkom, Kalo punya no teknisi, insyaallah lebih cepat.

      Delete
    2. Jika menggunakan ONT Huawei HG8245A, di beberapa lokasi, ada yang dikonfig di ONT nya. Coba cek :
      Pada menu :Network Application, - IGMP Configuration.
      enable igmp : yes
      IGMP mode : snooping

      Delete
  6. Mau tanya kalau TVOD dan VOD putus2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  7. mau tanya,, kenapa ya status di TV cuma nyampe di "sekarang terhubung, harap tunggu... sekarang terhubung ke jaringan...." padahal sebelumnya normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah distart STB masih begitu, kemungkinan yang terjadi adalah problem jaringan/network. Problem ini, bisa karena fisik atau logik. Cek dahulu kabel LAN kemudian ....
      Jika jaringan pake optik, kondisi fisik bisa kita cek dulu (bisa lihat di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/09/mengenal-indihome-100-fiber-bagian-1.html). pastikan sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Kalo' tidak sesuai laporkan ke Telkom.
      Jika problem logic, backroom telkom yang bisa memperbaiki.

      Delete
    2. coba ganti lan juga masih tetep,, optical modul power dapat -18 dBm

      Delete
  8. Info yang sangat membantu dan bermanfaat terima kasih ya temen2 semua yang sudah mau terlibat disini

    ReplyDelete
  9. Mohon info bagaimanq settingan 1 usee tv menjadi 2 usee tv...saya sudah berhasil set8ng d modem namun kendalanya 0ada stb yg kedua (terjadi kesalahan pada setting binding STB iptv anda) mohon info...
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lihat di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/12/bagaimana-cara-paralel-2-televisi-atau.html

      Delete
  10. mau tanya...kalau pertama buka useetv kok di minta pasword...apa yg harus aku lkukan,sdngkan pasword.nya sendiri aku gak tau....tlong dong solusinya

    ReplyDelete
  11. mau tanya...kalau pertama buka useetv kok di minta pasword...apa yg harus aku lkukan,sdngkan pasword.nya sendiri aku gak tau....tlong dong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sejak pertama diintalasi belum pernah dicoba ?.... Untuk penjelasan, bisa dilihat di http://ambarerna.blogspot.com/2015/12/username-dan-password-di-indihome_23.html , pada Rekening dan Sandi Layanan UseeTV IndiHome.

      Delete
  12. Mau nanya knapa ktika menyalakan indihome channelnya cuma itu2 aja ga bisa dganti dan trkadang internet'a jd ga jalan ?? Kdang2 jg ad tulisan eror 1305,, saya sudah vek jaringan tdk ad mslh,, intruksi dr indihomenya jg sudah tp tetap begitu,, knp ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Channel IndiHome sesuai dengan paket layanan. Kalo dari web indihome saat ini ada 69 + 16 channel. Selain kondisi fisik jaringan ada faktor logik yang pelanggan tidak bisa mencek dari rumah... Itu berarti ada problem, lapor gangguan aja, supaya dicek dan diperbaiki.

      Delete
  13. Terimakasih sdh berbagi infonya sangat bermanfaat.
    Mo nanya gan.. saya mau aktifkan "parental control" tapi selalu ada pesan "password wrong" saya sdh coba masukin default passwordnya tapi tetap wrong. sebelumnya terimakasih, dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, salam kenal. Pasword default, umumnya sama dengan passwort STB useetv nya. Jika tidak bisa, kemungkinan password parental control sudah diganti.
      Pengalaman saya, saya pernah ganti password ini kemudian nanya ke 147 dan helpdesk yang lain, mereka menyuruh saya .... coba ini... coba itu.. yang salah semua..... padahal saya 'ngetest' mereka saja karena saya tahu password parental control milik saya. Ya, mudah-mudahan, helpdesknya sekarang sudah lebih baik.

      Delete
  14. saya langganan usee tv sejak 4 januari kemaren.sejak pemasangan sampai sekarang gambar usee tv nya selalu putus putus seperti cd rusak.saya pakai paket 3 Mbps dan masih pakai kabel tembaga.apa solusinya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar, penyebabnya adalah kurang bandwidth downstream. (bisa di jaringan akses atau uplink MSAN)
      Kalo bisa, coba cek data rate yang diperoleh , contoh bisa lihat di http://ambarerna.blogspot.com/2016/01/cek-status-jaringan-indihome-tembaga.html.
      Kalo langganan 3 Mbps internet, paling tidak data rate nya 7 Mbps (4 Untuk UseeTV) nya.
      Karena yang mengatur nesarnya bit rate ini dari 'backroom' telkom. perlu dilaporkan.

      Delete
    2. Downstream Upstream

      SNR Margin

      :
      14.9 12.9 db

      Line Attenuation

      :
      43.9 31.2 db

      Data Rate

      :
      6655 720 kbps

      CRC

      :
      5 0

      FEC

      :
      49483 0

      FrameLoss

      :
      0 0

      ini yg saya dapat mba..apakah itu mencukupi untuk speedy dan usee tv...apa solusinya ya mba

      Delete
    3. artinya, kondisi jaringan memang kurang memenuhi syarat (SNR terlalu rendah dan Attenuation terlalu tinggi). Saran saya, jika ingin banget useetv, internetnya diturunkan menjadi 1 Mbps.

      Delete
  15. pak, saya mau nanya. kenapa ketika saya membuka rekaman selalu ada kesalahan otorisasi, padahal saat menonton live. channel tersebut bisa dibuka. tetapi saat dibuka di menu rekaman gak bisa? adakah solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya, jika channel Live TV nya bisa, TVOD (rekaman) juga bisa. Masalah ini, bisa jadi terkena blok di sistem layanan iptv nya. perlu lapor ke telkom.

      Delete
  16. mbak useetv di pengaturan sistem tv saya ganti 1080p terus saya ok tapi sekarang tidak muncul tampilannya mau mengembalikan tidak bisa dan lampu decodernya jadi merah gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cb dengan tv lain yg sudah Full Hd, biasa nya di karenakan tv nya belum suport full HD 1080, hanya ready HD 720

      Delete
  17. Mbak inibsaya kasusnya sama. Error 1305. Sudah saya ikuti langkah2 di atas tp kok msh belum bisa connect normal ya? Saya terpaksa nyoba mengatasi sendiri krn telp 147 gak bisa diandalkan. Teknisi lama sekali bru dtg. Waktu kmrn masang pertama saja lama sekali bru terpasang stlh saya bolak balik plasa telkom + stand pgr jalan. Ada solusi mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba komplain lewat facebook/telkomcare atau twitter/telkomcare ?
      Memang, tidak semua problem ada disisi pelanggan sehingga harus diselesaikan petugas .
      Jadi kepo .... sudah berapa lama dan .... di kota mana ?

      Delete
  18. Terima kasih bu sudah berbagi ilmu..

    Bu, saya mempunyai masalah yg belum terselesaikan sampai sekarang..

    Paket indihome saya 20 MB, 2 set top Box ZTE HDMI.

    2 set top box dikoneksikan ke LAN PORT4 dan LAN PORT3 ....jalan bagus. Tak lama kemudian LAN PORT3 gak jalan, dan sama teknisi di alihkan koneksinya menjadi ke LAN PORT4 dan LAN PORT2.

    live TV dan TVOD berjalan mulus.

    Suatu hari pada saat saya menyalakan set top box, di layar TV ada berita katanya "mohon tunggu sampai selesai, sedang dilakukan update FIRM WARE"

    nah setelah update ini, masalah muncul..kalau saya memutar tayangan TVOD gambar dan suara sering brenti2 (nge hang nge hang), kalau saya rewind tayangannya jadi bagus/mulus namun setelah beberapa lama kejadian berulang kembali dan harus direwind lagi...

    saya sudah lapor dan sama teknisi katanya bandwidthnya sudah dinaikkan, tapi gak membantu tetap saja sering ngehang-ngehang..

    bagaimana solusinya ya bu...

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mensolusikan masalah ini, seharusnya ada keterlibatan teknisi. Jika jarigan baik... Apakah memang BW yang diberikan sudah cukup ataukah problem di STB.
      Untuk membuktikannya, harus dicek BW dan ini dilakukan . dan dicoba dengan STB yang lain.
      Apakah jika satu useetv yang digunakan, masih problem juga ?

      Delete
    2. Terima kasih bu, atas responnya..
      dulu pernah ada teknisi ke rumah, dia bilang jaringannya bagus dan sudah di up...(mungkin maksudnya BW nya ditambah)

      apa yang sudah saya lakukan sendiri:

      01. di pengaturan gambar dan suara. - saya sudah coba berbagai settingan.

      02. saya cabut yang koneksi ke LAN PORT3 (hanya 1 yg jalan LAN PORT4) kemudian dengan koneksi tersebut saya coba kedua STB secara bergantian,

      03. saya coba LAN PORT3 saja yang jalan (LAN PORT4 saya cabut) dan dicoba untuk kedua STB secara bergantian

      ----hasilnya sama, video dan suara brenti2


      sepertinya harus dicoba dgn STB yg lain dari Plasa Telkom ya bu..

      kalau FIRMWARE itu apa ya bu..dan apakah itu berpengaruh terhadap kinerja alat ?


      terima kasih bu..

      Delete
    3. Firmware : software yang ada didalam hardware (perangkat) agar perangkat tersebut bisa bekerja. Untuk STB, upgrade firmware dilakukan secara otomatis oleh sistem IPTV, jika ketika terhubung, versi firmware nya tidak sesuai. Kondisi normal, seharusnya langsung dapat bekerja dengan baik.

      Delete
    4. Anonymous, solusinya mungkin bisa dicoba krn saya dulu mirip2 kasus dengan anda
      1. Coba ganti kabel lan bawaan telkom dngn yg bagus
      2. jngn koneksikan stb dngn modem lewat wifi, matikan settingan itu di stb, lewatkan lan saja. Saya pernah setting seperti itu alhasil putus2 gambar dan suaranya,maklumi saja kualitas stb dan modem telkom apa adanya
      3. jika stb/modem hang atau gak normal, restart aj dngn cabut adaptornya, biarkan dingin 5 sd 10menit terus colokin lagi, yah harap maklum jika dibongkar komponen ic gak ada pendinginnya
      4.jika jago oprek cari tutorial di forum2 sprti kaskus atau yg lainnya, matikan settingan wifi.id, telkomindonesia or apalah namanya yg dibuat oleh telkom krn ini sebenarnya dipancarkan dari modem kita lewat wifi jadi ngambil sebagian bandwidth kita. Ingat bukan nama wifi yg kita punya yg dimatikan yaa ☺
      5.kadang kalau di tempat saya biasanya pagi, modem normal tp stb channel tv nya ada yg putus2, ada yg tidak, channel ada yg ilang sebagian itu server telkom lagi update/pemeliharaan, tunggu agak siangan restart stb normal lagi.

      Jika masih gak bisa juga berarti itu stb cacat, minta ganti ke plasa telkom/ langsung lewat teknisi juga bisa, ganti sekalian sama modemnya, minta yg baru jngn yg bekas pelanggan lain.

      Delete
  19. Selamat malam bu.
    Saya pelanggan indiehome paket 2mbps tembaga. Pas diawal pemasangan internet dan useetv berjalan normal. Tapi setelah 3 hari (sampai sekarang) useetv tidak bisa dipakai (error 1305). Sdh berkali2 hub 147 tp selalu dapat jawaban mengambang.

    1. Apakah memang jaringan tembaga tidak bisa utk fasilitas useetv?

    2. Saya selalu dapat ip address 192.168.1.12 bukan 10.x.x.xxx seperti yg dituliskan di artikel ini. Gmn cara spy bs pake fasilitas useetv nya.

    Terimakasih bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Jika ingin cek sendiri kualitas jaringan tembaga, bisa lihat di artikel http://ambarerna.blogspot.com/2016/01/cek-status-jaringan-indihome-tembaga.html

      2. Untuk lapor ke Telkom bisa melalui facebook/telkomcare atau twitter/telkomcare... dari pengalaman saya, lewat facebook/telkomcare lebih care dibanding call 147, kemudian minta progress penanganan gangguan.
      Semoga cepat bisa menggunakan useetv

      Delete
  20. Terima kasih infonya mba,
    saya mau nanya. kalau passwordnya lupa,itu cara mendapatkan passwordnya kembali bagaimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya password apa ? STB untuk indihome ? harus tanya ke telkom. Atau password yang lain ? di Indihome , terdapat beberapa password. Lebih jelas, bisa baca arikel di blog ini, dari label 'Mengenal IndiHome', tentang 'username dan password indihome'

      Delete
  21. kalau muncul gbr berikut dan petugas telkom tak pernah datang ke rumah, apa ya mbak untuk bisa menikmati USEETV lagi http://postimg.org/image/apkssto89/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalo problem tidak terjadi di rumah, petugas tidak perlu datang. Tampilan seperti itu, masih sulit untuk diambil kesimpulan, bisa berbagai sebab. Dan memang harus dicek serta diperbaiki oleh telkom.

      Delete
  22. bu saya ada 1 usee tv 10mbps dan 1 stb sudah konek lan port 4. kebetulan saya punya 2 stb resmi lagi dari teman. apa bisa disambung dengan usee tv dirumah dan menggunakan wifi tanpa mengganggu stb yg sudah ada ( lan port 4) ? all stb black. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. selain STB resmi dari telkom, dibutuhkan user dan password untuk bisa mendapatkan layanan.
      2. Port LAN yang digunakan, perlu disetting pada perangkat (OLT) yang terhubung dengan ONT (sering dikatakan modem indihome)

      Delete
  23. Mbak erna.. mohon bantuannya.. tiba2 useetv saya tdk bs ditonton.. setelah menyala sebentar lsg muncul "Sorry this channel not included bla bla bla" dan itu untuk semua channel saya termasuk local pdhal sblmnya smw channel bs ditonton. Sy br sj menambah 1 STB lg. Selang berapa hari SYB yg pertama menjadi error.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini harus lapor gangguan karena problemnya bukan disisi pelanggan

      Delete
  24. "masalah koneksi jaringan. Kode kesalahan:H404
    Tekan app untuk kembali ke launcher dan coba lagi"

    Padahal baru 1 hari pemasangan, itu tuh knpa yah? Mohon dibantu. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. H404, error HTTP. Diantaranya : URL atau browser.
      Coba menggunakan browser lain atau coba alamat yang berbeda

      Delete
    2. o ... iya, ini internet atau useetv ?

      Delete
    3. maaf mba saya ingin menanyakan masalah sama dengan diki yaitu "masalah koneksi jaringan. Kode kesalahan:H404
      Tekan app untuk kembali ke launcher dan coba lagi" useetv nya tidak bisa digunakan.
      itu gimana yah mba? terimakasih

      Delete
  25. salam kenal mbak,
    mau nanya kalau mau tau username dan password di stb gimana ya ?


    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk username bisa dilihat pada menu STB, untuk passwordnya perlu ditanyakan ke telkom.... lebih jelas bisa dilihat di : http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/12/username-dan-password-di-indihome_23.html

      Delete
  26. Salam kenal..mau tanya nih mbak.. Stb saya awal ny normal saja tetapi kemari. Saya hidupkan muncul memasuki sekarang,harap menunggu. Sampai di situ hitam/blank gitu aja. Gk bisa nntn live tv dan menu juga gk bisa masuk. Hanya bisa masuk ke settingan konfigurasi. Saya mencoba masukan ulang nama rekening dan pass setelah saya reboot jg begitu trus.. Itu masalahnya knp ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa penyebab, harus ada data lain. Apakah spesifikasi jaringan memenuhi standard ? apakah ada kode error ?
      Untuk mengatasinya, lebih baik lapor gangguan ke telkom, supaya diperbaiki.

      Delete
    2. Saya juga begtu mas David.
      Tba", msuk layar hitam semua, gk bsa ke menu, cman bisa ke konfigurasi. Gmna caranya ya mas.

      Delete
  27. Halo mbak.
    Mau nanya ni. Tiba2 useetv meminta input username dan password. Apa yang harus dilakukan ya?

    ReplyDelete
  28. Halo mbak.
    Mau nanya ni. Tiba2 useetv meminta input username dan password. Apa yang harus dilakukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Username dan password useetv harus nanya ke telkom. seringkali user useetv sama dengan user internet tapi passwordnya beda.

      Delete
  29. Permisi mba, mau nanya kalo tampilan usee tv nya berubah itu kenapa ya? Saya lebih enak yg dulu, cara ubahnya gmn ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu warna biru sekarang merah ? itu pengaturan dari sistem di Telkom.
      Kalo awalnya (groovia), kita bisa memilih beberapa pilihan tampilan

      Delete
  30. Mbak saya mau nanya kalau stb useetv tidak ada tulisan error hanya blank...itu knp yah?

    ReplyDelete
  31. Mbak kalo useetv layar blank tidak ada kode error itu gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa sebab, salah satunya bandwidth kurang.
      saya sarankan lapor saja ...
      sekarang ada aplikasi myindihome, disitu kita bisa lihat progress penanganan gangguannya.

      Delete
  32. Mbak ini kan saya kurang cocok pakai homepage useetv yg baru kalo mau ngembaliin yg lama gimana ?

    ReplyDelete
  33. Mbak saya mau seting set up box tv zte agar tergabung dengan remote samsung.. tapi dipilihan remote samsung ndak ada merek zte.. apakah ada merek lain yang sama dengan set up box zte.. thx

    ReplyDelete
  34. Mbak.. saya mau setting set up box zte agar dapat digabung dengan remote samsung.. tapi ndak ada pilihan merek zte.. apakah ada persamaan dengan set up box merek lain

    ReplyDelete
  35. Salam kenal Mbak Erna,
    Adakah tutorial/cara untuk memasang STB di ruangan lain dari ONT dengan perantara kabel UTP dan switch manageable?
    Saat ini kalau STB konek langsung ke LAN port 4 di ONT, iptv normal.
    Kalau STB dari ruangan lain konek ke ONT dengan perantara kabel UTP dan switch manageable, STB bisa dapat IP 10.x.x.x, tapi masuk ke All Channel message "login fail".
    Fyi, internet&voip normal, ONT di-bridge (tutorial Mbak Erna jg) dan dial dari Mikrotik dgn PPOE.

    Trimakasih Mbak Erna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang yang saya tahu, STB langsung dari ONT. Karena dalam satu port LAN (LAN 4), dikonfigurasi dapat melewatkan trafik unicast (contoh : TVOD) dan multicast (contoh : channel live TV) secara bergantian.
      Apakah switch manageable yang dimaksud mempunyai fitur seperti diatas ?

      Delete
  36. Gan wifi gue okee internet nyala stb nyala tapi stb saya kok nggak ada suaranya yaa? Padahal udah di max dan enggak di silent solusinya gimana nih????

    ReplyDelete
    Replies
    1. volume dari stb dan volume dari tv , cek keduanya... apa ada yang terlalu kecil atau silence ?
      kalo pake kabel RCA, pastikan kabel merah putih untuk voice dalam keadaan baik. Kalo pake HDMI, coba pindahkan pada port HDMI yang lain di TV (biasanya TV ada lebih dari satu HDMI nya).

      Delete
  37. Kak kalo sudah dapat STB yg ke2 tp problem binding di STB yg ke2 ada solusinya g

    ReplyDelete
  38. halo mbk erna,
    saya mw tanya,
    saya dapet kode 1305m

    "Jika IP Address STB : 192.168.1.12, merupakan default IP address STB UseeTV. IP address ini diperoleh dari dirinya sendiri. Coba dulu cek kabel atau lokasi port LAN."

    saya tidak pernah mendapatkan ip 10.
    modem huawei HG8245A
    terus mendapatkan ip 192.168.1.12

    lan 4 tidak terconteng,
    pada menu wan terdapat
    1_VOIP_INTERNET_R_VID_100 100/0 IPv4
    2_INTERNET_R_VID_200 200/0 IPv4
    di masing" menu lan 4 tidak terconteng

    bagaimana supaya mendaptkan ip 10,
    terimah kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan belum dikonfigurasi di sisi perangkat telkom. Sebaiknya lapor.

      Delete
  39. Terima kasih infonya..bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  40. Mas UseeTV saya sering banget di pojok kanan atas tanda kan silang, kabel LAN udah di ganti sama, cek dhcp nya g ada ip adress, giliran di colokin ke port 3 lan ada, tp ga bisa live tv. Cek di status router PVCP4 status down, saya pencet konek ga pengaruh apa2. Di ip adress router untuk lan 4 jg kosong, dns kosong. Apa mungkin gangguan Dr pusat? Soalnya sering begini. Panggil teknisi normal. Dalam seminggu pasti gini terus padahal ga setting aneh2.

    ReplyDelete
  41. Mas UseeTV saya sering banget di pojok kanan atas tanda kan silang, kabel LAN udah di ganti sama, cek dhcp nya g ada ip adress, giliran di colokin ke port 3 lan ada, tp ga bisa live tv. Cek di status router PVCP4 status down, saya pencet konek ga pengaruh apa2. Di ip adress router untuk lan 4 jg kosong, dns kosong. Apa mungkin gangguan Dr pusat? Soalnya sering begini. Panggil teknisi normal. Dalam seminggu pasti gini terus padahal ga setting aneh2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. problem live tv, harus dikonfigurasi di sisi telkom.. yang melakukan teknisi backroom. Bisa lapor ke telkomcare

      Delete
  42. Mbak Erna kenapa ip useetv saya sama ip gateawaynya sama ya,kalau sy lihat diinfo iaringan punya mbak kok lain antara ip useetv dan gateawaynya.jadi useetv saya hanya bisa lihat tvfod sementara yang live gak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. normalnya, ip address stb useetv dan ip address gateway berbeda.
      Agar live tv nya bisa, perlu lapor ke telkom agar ditambahkan konfigurasi oleh backroom.
      Lapor gangguan bisa lewat facebook/telkomcare atau twitter/telkomcare

      Delete
  43. salam mbak, sya punya usee tv jarak agak jauh modem zte 660 dengan stb jadi saya pakai 2 radio tlw5210 setting mode bridge point to point cara settingnya gimana karena dapat eror 1305, kalau langsung ke modem bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang yang saya tahu, rekomendasi telkom, koneksi antara ONT (F660) dengan STB menggunakan kabel UTP ethernet. Walaupun pernah dicoba.. bisa juga menggunakan PLC , tapi tidak direkomendasikan.
      Secara teoritis, kabel UTP dapat mencapai jarak 100 meter, jika masih lebih jauh, bisa dikoneksikan menggunakan switch unmanaged.

      Delete
  44. salam kenal ya mbak, saya mau nanya ni tv lg saya awalnya normal aja, tpi tiba tiba muncul user tidak ada, dan saya di suruh masukkan nama pengguna dan pasword, bagaimana cara mengatasinya mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu settingan di Set Top Box.
      kalo ngga punya catatan tentang user dan password useetv, lapor ke telkom.
      kalo punya catatannya, caranya lihat disini :
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/11/useetv-login-fail.html untuk stb hybrid dan
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/12/username-dan-password-di-indihome_23.html untuk yang non hybrid

      Delete
  45. tolong infonya mbak, saya punya use tv awalnya normal aja tpi tiba tiba muncul user tidak ada, dan saya di suruh masukkan nama pengguna dan pasword apa yg harus sya lakukan untuk mengatasinya mbak??

    ReplyDelete
  46. malam mba, mau nanya kalo upgrade speddy dari 10 mbps ke 20mbps apakah bisa berpengaruh ke usee tv? soalnya usee tv saya tidak bisa tersambung. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada pengaruhnya karena masing masing mempunyai jalur logic sendiri.
      kalo useetvnya tidak bisa lebih baik dilaprkan sebagai gangguan agar diperbaiki

      Delete
  47. Mbak erna.. mau tanya jika stb sebelumnya normal.. kemudian tiba terhubung ke jaringan lalu blank hitam itu kenapa ya mbak..

    ReplyDelete
  48. Mba erna, mau tanya kalau useetv tidak bisa tv od, hanya live tv.. masalahnya dimana yah mba? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa terjadi jika alokasi bandwidth kurang. Masih pake tembaga atau optik ?...

      Delete
  49. Salam
    Mau tanya mbak, siaran bermasalah layar hitam blank cuma ada logo UseTV. Hanya ada satu siaran yang jadi, ANTV. Mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik lapor gsngguan ke Telkom karena problem bukan di perangkat yang ada di rumah

      Delete
  50. mbak saya mau tanya bisa tdk di ganti stb,karna stb yg baru kena air jadi rusak,ada stb yg lama
    saya pasang muncul user tdk ada.masukan nama pengguna,kata sandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena user sudah terikat (bind) ke stb yang terkena air. solusinya lapor ke telkom, nanti user akan di-unbind agar dapat digunakan ke stb yang lain.

      Delete
  51. Kalau ga bisa download di Usee Store kenapa mbak ya?
    Solusinya gimana

    ReplyDelete
  52. Saya mau tanya kenapa stb huawei tiap kali mainkan video rekaman, video youtube dan music rekaman selalu gambar goyang dan suaranya iku tersendat-sendat padahal masuk menu aja normal gambar, saya pakai kabel RCA tv tabung, mohon pencerahan nya trims

    ReplyDelete
  53. Untuk kasus “nama pelanggan dan kata sandi salah. Kode eror 20311” ketika masuk ke useetv nya, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lapor ke 147, bisa dibantu... yang penting STB nya sudah terkoneksi

      Delete
  54. Salam Kenal Mbak Erna,

    Dikelurahanku ada memberi Wifi Indihome gratis, untuk internetnya sudah bisa saya koneksi ke Laptop/Hp, sementara untuk UseeTVnya ngak ada setting sebelumnya maka saya tambahkan settingan UseeTvnya sesuai tutorial setting UseeTV yang saya dapa di Google. Modem Kelrahan menggunakan Huawei HG8245H. yang jadi pertanyaan saya :
    1. Apakah bisa saya koneksi UseeTV nya melalui Wifi yg sebelumnya mmg belum ada di modem tersebut.
    2. Username & Pass Internet apakah sama dengan Username & Pass Usee Tv.
    3. Ketika saya +setting UseeTV di modem kelurahan apakah IP Adressnya otomatis atau bgaimana
    4. Apa yang bisa saya dapatkn agar bisa sya koneksi UseeTV dari Kelurahan wifi gratis tersebut sebelumnya nga ada.Stb yang saya gunakan Huawei Indihome V9
    Terima kasih mbak.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya ... baru baca.. agak lama nggak update blog..
      1. Koneksi UseeTV (untuk Live TV , TVoD dll ) menggunakan kabel UTP dengan connector RJ45.
      Kalo untuk OTT nya (seperti iflix, catchplay) atau mau you tube pake TV, menggunakan koneksi wifi.
      2. Password Internet dan UseeTV berbeda.... kalo Username nya, umumnya sama...
      3. UseeTV , setting username (account) dan password di Set Top Box (STB).... Jika terkoneksi ke Network, mendapatkan IP Address otomatis. (DHCP)
      4. Untuk Setting UseeTV, di STB diinput username dan password.... Bisa lapor saja ke 147... di Banyak lokasi, settingan ini bisa dilakukan secara remote oleh 147.

      Salam kembali.... dan selamat menggunakan IndiHome

      Delete
  55. Saya telah memasang semua kabel nya, dan di alatnya pun telah terhubung. Namun di tv saya ada tulisan kode dan STB IPTV tidak mendapatkan IP yang tepat. Namun hanya ada 1 menu yaitu OK. Kalau ditekan ok maka akan loading sebentar dan balik lagi ke belum mendapatkan Ip yang tepat. Solusinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk UseeTV ..
      kabel UTP dipasang di LAN4.
      kalo belum bisa juga, lapor ke 147 .. kalo dari HP 024147 atau bisa juga lewat facebook/telkomcare

      Delete
  56. Mbak minta tolong dong bagaimana cara mengetahui kata sandi pengguna untuk useetv saya ? Soalnya saya baru saja iseng mengganti kata sandi lama yg diinput oleh pihak indihome .. masalah saya adalah kode error 20311 yg menyatakan nama pengguna / kata sandi pengguna salah . Terimakasih Mbak Ambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya,,, maaf baru buka blog lagi..
      Password UseeTV yang di STB, nggak bisa kita ubah..

      Untuk mengetahuinya , bisa nanya ke 147, kalo pake HP 024147 . bisa juga ke https://www.facebook.com/telkomcare

      Delete