Monday, August 24, 2015

Melihat Lebih lanjut : Konfigurasi Internet IndiHome (Speedy) pada ONT F660


Default Setting ONT F660 untuk layanan Internet


Pada produk IndiHome 3P, ONT F660 secara default disetting sebagai router untuk layanan internetnya dan setting tersebut dilakukan melalui OLT.

Untuk melihat konfigurasi internet di ONT ZTE F660, dari menu pilih : Network - WAN connection. Pada Connection Name, pilih omci1_pppoe.



Keuntungan konfigurasi user dan password yang dilakukan melalui OMCI adalah jika konfigurasi ini terhapus, maka user tidak perlu repot mengkonfigurasi, tinggal me-restart ONT nya.

Untuk melihat, apakah internet sudah tersambung ke network adalah jika sudah mendapat IP Address dari DHCP BRAS. Kita dapat melihat dari menu Status - Network Interface - IPV4 WAN Connection :



Mendapatkan Password PPPoE


Petugas yang datang ke rumah biasanya hanya memberikan username tanpa password.
Untuk mendapatkan password, paling mudah menanyakan kepada petugas. Selain itu, jika User dan password sudah diinput melalui omci, kita dapat melihat password PPPoE dengan cara : [tentu saja untuk konfigurasi router]
  • Inspect Element

    Dari menu : Network - WAN - WAN Connection, pada WAN Connection : pilih omci1_pppoe kemudian letakkan cursor pada password dan klik menggunakan tombol mouse kanan lalu pilih inspect element.


    Berikutnya , pada type = " .... ", gantilah password menjadi view, maka hasilnya password yang berupa tanda ***** akan berubah menjadi text.
  • Melihat Isi File

    Kita bisa melihat isi file konfigurasi dengan menggunakan telnet. Caranya adalah :
    • Telnet ke ip address 192.168.1.1 (default, jika belum diganti), user : root, password : Zte521.
    • Menuju ke directory ppp kemudian lihat isi file options.oe0
      / # cd tmp
      /var/tmp # cd ppp
      /var/tmp/ppp # ls
      options.oe0 pids
      /var/tmp/ppp # cat options.oe0



Mengubah setting Router menjadi Bridge


Karena ONT yang dipinjamkan oleh PT Telkom mempunyai fungsi yang tidak lengkap untuk manajemen jaringan, biasanya kita menambahkan router tambahan misalkan router mikrotik. Untuk keperluan tersebut, settingan internet perlu diubah menjadi bridge.
Jika kita menggunakan ONT ZTE F660, pengaturan bridge dan router disisi OLT berbeda. Kalau kita ingin mengubah mode router menjadi bridge, kita harus menghubungi pihak PT Telkom dan pilih di port LAN tertentu (misal LAN2). Dan jangan lupa minta password internetnya.


Keamanan User Internet 


Ternyata user dan password dapat diketahui dengan mudah dan kita tidak bisa mengganti password sebagaimana password email dan atm kita. Bagaimana keamanan User dan Password saya ?
PT Telkom menerapkan security "port-location". Setiap user diikat dengan port tertentu, misalkan user 122433291023 berada di GPON02-D2-LGK pon 0/2/2/18/3:3211. Sehingga jika user dan password digunakan di lokasi yang lain, tidak bisa. Jika user internet (speedy) dapat dipinjam di jaringan yang lain, kemungkinannya adalah user tersebut tidak di-'bind' atau dibuat lebih dari satu sesi.

Artikel terkait

274 comments:

  1. Halo mas, cuma mau ngasih terimakasih buat informasinya. Sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih atas kunjungan ke blog ini

      Delete
  2. Permisi mba ambar, saya mau tanya untuk kasus ZTE saya tidak bisa connecting di internet..mohon solusi nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dulu untuk status internetnya : sudah connected atau connecting ?, kalo pake ZTE F660, lihat di ...
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/09/mengenal-indihome-100-fiber-bagian-2.html#more.
      Jika tidak ada masalah dengan jaringan akses, dan status connecting, kemungkinannya adalah : username, password atau port-location.
      User dan password, default untuk F660, di-setting 'backroom telkom'. Kalo' kesalahan disini, ya... lapor helpdesk telkom.... kemungkinan yang lain, masalah : port-location, terjadi karena user internet dipakai di port/lokasi lain dan ke-binding atau jaringan dirumah kak dwi dipindah port.... solusinya di-unbinding terlebih dahulu, dan ini perla lapor ke telkom.


      Delete
  3. Gimana cara setting untuk router tambahan, biar jangkauan wifi nya luas?

    ReplyDelete
  4. Bagus sekali infonya...terima kasih banyak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih atas kunjungannya. Selamat menikmati IndiHome

      Delete
  5. Saya belum genap 3 bulan memakai IndiHome 3p, sejak awal pertanyaan di benak saya adalah, bila router dari Telkom (Huawei) kita factory reset apakah kita bisa men setupnya sendiri tanpa bantuan petugas Telkom.

    Kepikiran juga, misal kita beli sendiri modem dan router fiber optik. Apakah mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. IndiHome Fiber, Telkom menggunakan teknologi GPON, dan PON serial number ONT (modem) harus di-otentikasi/diregistrasi. Jadi tidak bisa beli sendiri, dan kalo' ganti ONT (modem) harus di-otentikasi lagi. Setiap ONT yang terpasang di pelanggan harus sesuai dengan OLT (node akses disisi Telkom) yang digunakan.
      2. Router Huawei yang dari Telkom (ONT), ada yang disetting automatis dari sistem di Telkom dan ada yang disetting secara manual (melalui http di ONT nya), tergantung pada kesiapan infrastruktur di daerah tertentu.
      Jika setting 'otomatis', keika ONT di-reset... akan kembali seperti semula.
      Jika setting 'manual', ketika ONT di-reset, kita bisa input sendiri tanpa melalui petugas telkom, asal tahu data yang diinputkan.

      Delete
  6. Bagaimana akses telnet untuk modem Huawei HG8245A?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. telnet ke 192.168.100.1,
      untuk user/ passw , coba admin-root atau root-admin.
      command yang digunakan untuk melihat : display

      Delete
    2. atau untuk melihat commandnya , pakai ?

      Delete
    3. pakai apa lihat password user id nya mbak

      Delete
    4. perintah lengkap yang di gunakan apa ya untuk modem huawei HG8245A ?
      saya berhasil login dan melihat2 peintah dalamnya maupun masuk shell, tapi saya tidak bisa menemukan perintah untuk menampilkan isi config

      Delete
    5. memang, setiap perangkat yang berbeda, mempunyai fasilitas yang berbeda

      Delete
  7. mo tany apakah user telkom.net dan password yang di modem f660 bisa dipakai d STBnya juga?dalam artian sama gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa. user dan password internet dimanage oleh RADIUS internet indihome sedangkan user dan password UseeTV (di set di STB) dimanage oleh middleware

      Delete
  8. Selamat malam Bu Erna.
    Saya menggunakan ONT F660 dan menghubungkannya ke modem adsl yang lama yang difungsikan sebagai access point melalui LAN2. Saya ingin bertanya apakah mungkin untuk menghubungkan decoder useetv saya melalui access point saja? Sementara decoder useetv hanya bisa berfungsi apabila dihubungkan melalui LAN4.
    Kalau bisa mohon dishare caranya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa. Karena untuk jalur useetv diatur di LAN 4 sedangkan internet di LAN1, 2 dan wifi. Salah satu tujuannya adalah untuk pengaturan bandwidth, antara useetv dan internet masing-masing mandapatkan alokasi bandwidth tersendiri

      Delete
  9. Oh iya kelupaan. Access pointnya saya mau pergunakan untuk wifi sekaligus useetv

    ReplyDelete
    Replies
    1. terjawab diatas.... kalo untuk koneksi ONT ke STB, yang terbaik menggunakan kabel UTP dengan connector RJ45, karena bit rate video harus stabil . Walaupun ada solusi lain, tapi tidak direkomendasikan oleh Telkom.

      Delete
    2. Soalnya jarak antara F660 ke TV cukup jauh jadi kepikiran untuk menyambungnya melalui access point. Terima kasih banyak untuk jawabannya.

      Delete
  10. Mbak Erna ada hal yg ingin saya tanyakan mengenai bridge internet. ZXHN F609.
    Karena kondisi rumah saya yang panjang, jadi haarus pake 2 router, katakanlah router A router telkom, router B router saya sendiri. saya sudah pasang kabel lan 20 meter untuk menghubungkan router A dan router B. terus DHCP router B udah dimatiin, Lan IP router B pun sudah diganti, tapi kok tetep ga bisa? udah coba2 menu bridge di dalam router A jg ga bisa.. Mungkin melalui artikel bu Erna katanya harus telpon pihak telkom detilnya gimana ya? mungkin ada masukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai IndiHome Telkom ? . Pada internet IndiHome atau speedy, prinsipnya adalah : dial PPPoE terlebih dahulu agar mendapatkan koneksi. Jika HG/ONT yang dari Telkom disetting sebagai router, perangkat untuk memperluas, bisa switch atau hub

      Delete
  11. Kalo username sama passwornya gak muncul gimana mbak?

    ReplyDelete
  12. Kalo Username sama Passwordnya gak ada gimana mbak?

    ReplyDelete
  13. Sama dgn kasus di atas, di kantor sy pake ZXHN F609 dr indioffice. Sy mau menghubungkan internet di kantor dengan rumah sy yg jaraknya 10 km, mohon bantuannya..trims

    ReplyDelete
  14. Selamat malam Bu.
    maaf mau nanya, saya pakai modem alcatel lucent, dari cara inspect dan telnet tidak bisa bu,
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, untuk alcatel lucent, saya belum pernah mencoba.... biasanya beda merk, beda aturan...

      Delete
    2. Untuk Alcatel Lucent I-240W-A, telnet ke 192.168.1.1

      login: ONTUSER
      Password: SUGAR2A041
      (huruf besar semua)

      untuk melihat user id dan password Indihome, ketik:

      cat /etc/ppp/options_ppp111

      Delete
  15. Slamat malam Mba Erna, maaf saya baru pasang indihome fiber telkom menggunakan ZTE ZXHN F609,maaf mau nanya apa bisa username sama password setelah kita masuk 192.168.1.1, kan disitu username "admin" sama juga passwordnya "admin"
    apakah itu bisa diganti, kalau bisa gimana caranya.
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ganti password melalui menu : administration - user management. Inputkan password sekarang, kemudian ganti yang baru.

      Delete
  16. Terimakasih bu, sangat bermanfaat... mau tanya untuk ganti password yang Zte521 caranya bagaimana ...

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum tahu juga, apakah kita bisa menggantinya.

      Delete
    2. Bisa pakai Command Prompt (Windows) atau Terminal (Linux&Android)

      Pakai telnet dengan port 23

      Delete
  17. dear mbak ambar,

    mbak ambar saya ada ingin bridge dengan mikrotik RB750,
    kok di modem F660 gk ada mode bridge ?\

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. F660 dikonfigurasi lewat OLT (OMCI), defaultnya 'Telkom' mengkonfigurasi router, dengan username dan password sekalian sudah dipasang.
      Jika ingin F660 sebagai bridge, minta ke telkom untuk membuatkan konfigurasinya. Bisa menghubungi telkomcare di https://twitter.com/telkomcare atau https://www.facebook.com/telkomcare/ dan jangan lupa minta password internetnya dan port LAN untuk bridge.

      Delete
  18. mbak ambar mau tanya, saya rencana mau beli wifi repeater. kalau di pakai dgn router ZTE F660 apakah perlu mengubah setting Router menjadi Bridge?

    terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Bagaimana akses telnet untuk modem Alcatel_Lucent I-240W-A?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, untuk modem Alcatel, saya belum pernah coba. Barangkali ada rekan lain yang bisa sharing ?

      Delete
    2. telnet ke 192.168.1.1

      login: ONTUSER
      Password: SUGAR2A041
      (huruf besar semua)

      kemudian ketik:

      cat /etc/ppp/options_ppp111

      Delete
  20. untuk telnet ZTE F609 apa ya bu?

    ReplyDelete
  21. Bu, saya baru pasang Indihome, dan broadband access-nya adalah ZTE F609.
    Saya lihat ada 1 port USB, dan saya sudah bisa pakai untuk sharing printer.
    Apakah slot USB tersebut juga bias saya pakai untuk file sharing dari HDD external atau flash disk?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah coba di F660, nggak terdeteksi.

      Delete
    2. boleh tahu turtorial nya untuk bisa sharing printer via wifi dengan ZTE F609 ?

      Delete
  22. Mba bro koq port1 dan port2 modem algatel tdk bisa konek ke laptop ato hub terus ke lapie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konfigurasi ONT Alcatel, kemungkinan dilakukan lewat OLT... untuk menambah port akses, setting dilakukan oleh teknisi backroom setempat. Hubungi Telkom untuk menambah konfigurasi, jika diperlukan.

      Delete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. Kalo username indiehome nya : acs@acs.telkom.net gimana ya mba?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. Kalo username nya acs@acs.Telkom.net gimana ya mba?

    ReplyDelete
  26. Selamat siang, saya baru pakai indihome, apakah dengan menggunakan WIFI range extender dapat menguatkan sinyal WIFI dari router Huawei ? kondisi rumah 2 lantai, router dan decoder di lantai 1.

    apa ada rekomendasi wifi extender yang bagus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Saya pake Access Point TP Link. Kalo saya konfigure sebagai extender/repeater, bisa untuk laptop tapi smart tv saya nggak mau connected maka saya konfigurasi sebagai bridge... sama-sama tidak membutuhkan kabel UTP.

      Delete
  27. Kalau lihat di spek-nya, tercantum bisa untuk file sharing Bu

    ReplyDelete
  28. Dear Bu Ambar,
    apa ZTE F660 bisa dikonfigurasi autoreboot?
    terima kasih

    ReplyDelete
  29. Mbak Ambar, indihome di tempat saya memakai router alcatel lucent. Saya pasang cctv, tapi tidak bisa di-forward ke port dvr alias port forwarding di router alcatel ga berfungsi. misal port cctv 8080, saya sudah forward di router, tapi tetep saja server error saat dicoba dibuka dengan "ippublik":8080 di browser. Apa ada solusi, Mbak? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya tahu, nomor port 8080 merupakan registered port untuk aplikasi lain (ex.proxy telkom). bisa menggunakan nomor port yang lain jika tidak ada nomor port khusus yang ditentukan oleh CCTV yang dibeli.

      Delete
    2. itu misalkan aja, mbak. saya sudah gonta-ganti port dvrnya berulang kali, tapi tetep ndak bisa forward.
      trm ksh.

      Delete
    3. bagaimana dengan aplikasi untuk CCTV ? sudah diinstall dengan baik ? Biasanya, untuk akses dari client, kita menjalankan aplikasinya.

      Delete
  30. Mohon informasinya, saya dpt zte f609.
    Utk liat password xxx@telkom.net, saat ganti tyoe="password" jadi type"view" atau type="text" password tidak berubah menjadi text, hanya berubah jadi asterix, yang semula bulat2 hitam. apakah ada cara lain??
    command di telnet utk zte f09 apa ya seperti show all pada tplink spt contoh diatas?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  31. selamat siang ,,,bisa kah modem F609(bawa.an indihome) disetting agar bisa sharing data lewat wifi,,,cz modem sebelomnya bisa(sebelum beralih ke indihome) sekarang ganti indihome kok gag bisa sharing data lewat wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logikanya bisa dalam sebuah jaringan asal terkoneksi. Karena sharing merupakan aplikasi dan wifi ada di Network Interface Layer

      Delete
  32. Saya pakai alcatel, sudah setup bridge dari Telkom. Cuma awalnya gak dapat ip ether1 saya. Setelah kasi pelicin lancar. Tapi saya salah perkiraan, rupanya setelah dial dari mikrotik ternyata bukan dapat ip publik tapi masih Nat mereka. Akhirnya tidak bisa gunakan ip cloud. Sekarang mesti cari solusi lainnya supaya bisa akses dari luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya menangkap cerita sdr. Dhafi bahwa permintaan setting bridge belum dilakukan oleh telkom .... apa begitu maksudnya ?
      Yang saya tahu, petugas yang mengganti konfigurasi router ke bridge, bukan petugas yang datang ke rumah. Tapi dia sebaiknya menyampaikan keinginan tsb ..

      Delete
  33. Kak, bagaimana caranya biar zte f609 aku bisa digunakan untuk 2 komputer menggunakan jaringan kabel LAN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya, untuk LAN internet diberi port LAN 1 dan 3.... yang saya dengar, belakangan ini hanya diberi satu port saja, yaitu di LAN 3. Karena default setting dilakukan oleh telkom, harus minta ke telkom untuk dibuka satu port LAN lagi untuk internet. Kalo malas berurusan dengan petugas telkom, bisa ditambahkan hub/switch. Home Gateway (ADSL Modem) yang lama (yang untuk kabel tembaga) yang ada 4 port LAN.... bisa kita manfaatkan sebagai switch.

      Delete
  34. cara ngeblok pengguna wifi kita gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dengan cara membatasi MAC Address yang diijinkan atau tidak. Pada F660, menu di WLAN - Access Control List

      Delete
  35. Modem di rumah saya disharing menggunakan hub ke beberapa komputer. Masalahnya adalah beberapa komputer kadang tidak bisa terhubung ke internet sedangkan lainnya bisa. Setelah restart modem, kadang bisa "sembuh". Apakah ada cara lain selain restart modem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah menggunakan ONT F660 ? Pada beberapa tipe ini, setting DHCP dalam satu LAN dibatasi hanya beberapa komputer/gadget. Kita bisa menambahkannya.
      Kenapa restart ?.... kemungkinannya adalah IP Address masih tergenggam oleh komputer ..... sehingga ketika komputer lain membutuhkan IP Address, ONT (Modem) tidak bisa mengalokasikan.
      Kita juga bisa mengatur berapa lama IP Address dilepas .
      Kalo ONT direstart, akan mulai dari awal untuk alokasi IP Address.
      Untuk menambah jumlah client DHCP pada ONT 660 bisa lihat di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/07/dhcp-pada-ont-zte-f660.html

      Delete
  36. Mbak Erna, bagaimana untuk melihat username dan password pada ONT HG8245A??
    saya sudah coba
    1. buka cmd
    2. saya ketik telnet 192.168.100.1
    3. kemudian saya masukkan user: telecomadmin password: admintelecom tetap tidak bisa?

    mohon solusinya,
    terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. user dan password telnet diHG8245A, bukan itu... maaf, saya lupa ... kalo nggak salah root - admin.

      Delete
  37. cara stting jarak cakupan wifinya bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarak cakupan wifi tergantung pada power antena dan obstacle (hambatan dari pengirim dan penerima). Jika dibutuhkan cakupan yang lebih luas, bisa ditambahkan access point.

      Delete
  38. Mba mau nanya untuk lan4 bisa di gunakan untuk usetv dan koneksi internet ga ?
    Kondisinya lan4 saya hubungkan ke hub, trus saya salurkan untuk stb tv dan dan yang satunya saya hubungkan ke pc, agar bisa berjlan koneksi untuk tv dan pc itu gmn mba ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja koneksi LAN4 khusus untuk UseeTV, salah satu alasannya adalah untuk menjaga kualitas video/IPTV yang membutuhkan bandwidth besar dan terus-menerus. Secara logic bandwidth useetv dan internet dipisah.

      Delete
    2. Mbak cara buka menu security modem f660 yang tidak tampil gimana?

      Delete
    3. Di F660, tersedia 2 username untuk login ... yang pertama admin dan yang kedua user. Jika menggunakan user, tidak semua menu tampil.

      Delete
    4. mbak kalo buka menu security yang keblokir gimana

      Delete
  39. mba ambar bagaimana cara setting layanan voice di modem zte f660, soalnya layanan telepon saya di modem tidak bisa di gunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting voice dilakukan oleh 'backroom' Telkom. Tidak ada settingan di Modem. Jika belum bisa digunakan, lebih baik lapor gangguan.

      Delete
  40. Mau tanya Mba Erna, STB indihome saya ke reset ke pengaturan pabrik, ketika saya nyalain lagi muncul untuk mengisi Nama Pengguna dan Password, itu diisinya apa Mba? mohon jawabannya...Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. User di STB digunakan untuk otentikasi layanan useetv. Bisa minta ke Telkom, karena seringkali, teknisi yang mensetting tidak memberitahukan ke pelanggan. Bisa melalui telkomcare (facebook/telkomcare). Seringkali usernya sama dengan username internet tapi passwordnya berbeda.
      Ingin tahu tentang user di indihome, bisa lihat di :
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/12/username-dan-password-di-indihome_23.html

      Delete
  41. mohon maaf sebelumnya buu,
    saya mau bertanya,
    saya ingin membagi jaringan tapi membatasi bandwithnya
    topologinya : modem >> swtich/ hub >> pc client. setiap client dibatasi bandwithnya. jadi apa ada software untuk itu, apa saya harus membeli switch dengan harga mahal yg memiliki kemampuan mengatur bandwithnya??
    mohon pencerahannya buu.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau membatasi bandwidth untuk setiap PC, kita bisa membeli router yang support BW Management seperti tp link dan mikrotik, itu tidak terlalu mahal

      Delete
    2. bisa lihat contoh di http://ambarerna.blogspot.com/2016/02/membatasi-bandwidth-bandwidth.html

      Delete
    3. Kalau untuk softwarenya sendiri belum ada yak mba.?

      Delete
  42. mba erna mohon dibales koment saya yang sebelumnya, terimakasih

    ReplyDelete
  43. mbak erna,saya coba ganti kata password menjadi view pada type="password" kok nggak nampak text nya y? tetep ******

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba setelah mengetik view, pindahkan cursor. Atau bisa pake cara lain seperti di artikel http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/02/melihat-mencek-password-login-ont-zte.html

      Delete
  44. Saya punya NAS Seagate 4 Bay dengan koneksi Gigabit. Pas saya coba koneksikan dengan ZTE F660, transfer file terasa lambat. Ini udah pasti karena bottleneck di ZTEnya (100mbps). Nah, rencananya saya mau pakai router TP-LINK Wireless Dual Band Gigabit ADSL2 Router Archer D7 [AC1750] agar transfer file dg NAS lebih cepat. Yang saya tanyakan, gimana cara konekin/setting dengan modem ZTE nya?

    Thanks

    ReplyDelete
  45. mbak buat membatasi bandwidth gimana ya caranya soalnya agak lemmot kalo dipake rame rame makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lihat contoh di : http://ambarerna.blogspot.com/2016/02/membatasi-bandwidth-bandwidth.html

      Delete
  46. Dear Mba Ambar Erna

    Mohon pencerahannya untuk setting modem ZTE F660 dari jarak jauh. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. F660 yang lama, jika tidak ada security, bisa diakses melalui WAN, tetapi yang belakang (tingkat security high, middle, low) ... yang saya tahu, tidak bisa diakses dari WAN

      Delete
  47. Dear mbak ambar erna
    Sy baru pasang jaringan indiehome dg modem ZTE type ZXHN F609 internet konek nggk ad masalah pertanyaan saya jika saya pasang mesin fax utk tlp dan fax mesti ke port mana saya sambungkan mbak terima kasih sblmnya maklum awam

    ReplyDelete
  48. kalau mau ditambah AP outdoor TP-link TL-W5210g gimana caranya?

    ReplyDelete
  49. kalo sudah direset ont nya tapi tetep omci1_pppoe nya tidak muncul gimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya adalah pppoe tidak disetting menggunakan omci

      Delete
  50. sayangnya indihome tidak bisa sharing printer komputer lain ya ? (waktu masih pakai speedy masih bisa). Sharing printer di indihome, printernya harus langsung terhubung ke modem, tidak bisa satu komputer terhubung ke komputer lain yang ada printernya. Hadeuuhhh....

    ReplyDelete
  51. SAYA MENGGUNAKAN MODEM ZTE F609. MAU MENGGANTI PASSWORD WIFI TP TIDAK BISA MASUK KE SETTING MODEM.USER DANPASSWORD MODEM LUPA. SAYA COBA ADMIN TIDAK BISA.PAKE USER JUGA TIDAK BISA. BAGAIMANA CARA MASUK KER MODEM JIKA PASSWORD MODEM LUPA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan yang tersedia, reset ONT... dan konfigurasi ONT kembali ke default.

      Delete
  52. Cara setting gpon modem zte f609 gmn mbak? #Newuser

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau setting apa ? prinsipnya mirip.. setting internet, useetv dan voip dilakukan 'backroom'. untuk wifi, pilih network - wlan

      Delete
  53. mbak mau tanya dong, cara membatasi user di modem alcatel bagaimana? misalkan saya mau hanya 2 device saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus untuk alcatel, saya belum pernah. Umumnya Home Gateway mempunyai fasilitas untuk membatasi device, antara lain : dengan cara 'permit mac address tertentu'

      Delete
  54. mbak kok di tempat saya gak bisa buka web tertentu..seperti facebook..padahal koneksi normal..apalagi klu buka web luar tambah gak bisa..apa karena dari setting modemnya ya...sy pakai f609..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum biasa dengan F609. Coba cari menu, apakah ada yang membatasi URL tertentu ? Beberapa Home Gateway mempunyai fasilitas ini.

      Delete
  55. Mba kalomau ganti user dan pass yg admin admin itu bisa ga sih? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepanjang yang saya ketahui, Untuk ZTE F660 dan F609, login : admin tidak bisa diganti. Kita bisa mengganti passwordnya, jika diinginkan. Bisa lihat : http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/02/mengganti-password-login-di-ont-zte-f660.html

      Delete
  56. selamat malam mbak erna saya pake indihome modem alcatel
    sementara ini browsing lancar. tapi kalau ping via cmd selalu RTO ya? kenapa ya mbak? adakah solusinya? soalnya butuh buat main game online
    makasih mbak balasannya
    salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam,
      ping digunakan untuk mengirimkan pesan ICMP dalam protocol TCP/IP. Jika tujuan hidup , akan merespon pesan tersebut.
      RTO pada ping tidak selalu diartikan ada masalah pada network, bisa jadi ICMP (asal atau tujuan) dibuat disable.

      Delete
  57. mba, untuk tipe zte f609 kok gk bisa di view untuk paswordnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap versi firmware pada perangkat, kemungkinan mempunyai fitur yang berbeda.
      Bisa menggunakan telnet dan lihat isi file : options.oe0 yang ada di directory ppp

      Delete
  58. Selamat pagi mba erna. Sy tertarik dgn configurasi ont zte via telnet ini. Sekedar info, untuk mengganti IP indihome, tidak harus melakukan restart ont. Dapat di akali dengan mengganti setingan authentication PPPOE dari PAP ke CHAP ke PAP lagi bgitu seterusnya sampai didapatkan IP yg diinginkan. Nah yg mau saya tanyakan, proses ini bisa dilakukan via telnet ga (set pap/chap pppoe)? jd ga perlu masuk web interface. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, prinsipnya ketika koneksi terputus dan terhubung kembali, akan dilakukan authrntication. Dan karena IP Address Dynamic, maka akan mendapat IP Address yang berbeda.
      Saya belum pernah coba hal tsb, .... sebenarnya kepentingannya untuk apa, ganti ganti IP Address ? Bukannya, kebanyakan orang menginginkan IP Static ?

      Delete
    2. Karena kestabilan tiap2 ip indihome berbeda. Malah ada yg kalau mendapat ip tertentu, dapat speed bocor. Langganan 10mbps bs bocor ampe 20, 50, bhkan 70mbps.
      Saya punya script .vbs untuk eksekusi otomatis telnet ont zte F609 untuk nge-reboot, jadi ga perlu ke ontnya trus pencet tombol power segala.
      Hanya, proses ini kelamaan klo cuma buat ganti ip.
      Nah seperti post sy diatas, yg pengen sy tau, ada ga ya perintah telnet untuk nge-ganti authentication PPPOE? Spya bs saya bikin script .vbs untuk otomatisasi, biar cepat gonta-ganti ip, tanpa masuk ke web interface ont zte.
      Kyknya perintah telnet F660 sama aja dgn F609.

      Delete
    3. gitu ya ...
      Memang, Telkom mempunyai Bandwidh Management, yang berfungsi membatasi Bandwidth berdasarkan IP Address yang tentunya dimappingkan dengan BW layanan.
      Kalo saja bocor berdasarkan ini, saya pikir nggan akan terlalu besar selisihnya, karena pembatasan bandwidth juga dilakukan disisi Access Node (OLT untuk teknologi GPON atau MSAN/DSLAM untuk yang menggukanan ASLS2+).
      Ya... untuk perintah F609 dan F660 sama, tapi isi dari filenya tidak semua sama

      Delete
  59. Mohon bantuan sharingnya mengenai bridge pada modem zte f609 dan pppoe menggunakan RB Mikrotik. seperti yg saya baca diatas untuk bridge modem zte harus dibuka systemnya oleh pihak telkom, saya sudah melakukan request tersebut dan menurut pihak telkom sudah di buka bridge nya pada port 3, pertanyaan saya :
    apakah ada perubahan settingan pada modemnya zte nya? dan apakah settingan awal pppoe yang ada di modem harus saya delete? diganti dengan mode bridge?
    mohon sharingnya, terima kasih sebelmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena perlu penjelasan yang cukup , InsyaAllah saya buatkan artikel terkait

      Delete
    2. Halo mba erna,

      Pertanyaan pak bagus diBali saya ajukan sama halnya seperti itu cuma point nya ada di "dan apakah settingan awal pppoe yang ada di modem harus saya delete?" jika di delete apakah bisa di add ulang dan koneksi normal kemabli, oh iya ada fitur backup sih cuma apakah fitur backup ini mengembalikan semua settingan dari pihak telkom itu tersendiri. type saya ingin pakai bridge begini mba : Modem => Mikrotik RB xxx => Routers TP-Link. terima kasih,

      Delete
    3. Pertanyaan tersebut, saya share pada :
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/04/konfigurasi-router-dan-bridge-pada-ont.html.... prinsip pada f609 dan f660 sama, hanya menu di ont untuk pppoe sedikit beda.
      ....
      Ketika di OLT, command : pppoe-nat dihapus, di ont sudah terhapus.

      Jika konfigurasi OLT dibuat router (hanya user yang dihapus) dan bridge , kita bisa bergantian menggunakan konfig router atau bridge.

      Jika konfig router di OLT dihapus (hanya dibuat bridge), kita hanya bisa pake bridge.

      Jika konfig yang dari OLT telkom terhapus, kita cukup matikan ONT kemudian hidupkan kembali.

      Delete
  60. mas mau nanyak ini.. modem huawei saya yang di kasih sama phak telkom kok cakupan area wifinya kurang ya. saya pasang di lantai dua eh pas turun ke lantai satu agak di depan rumah kok gak dapat lagi sinyalnya. lah punya temen gua sama persis indihome jugak tpi cakupan wifinya luas agak menjauh dr rumah sikit masih dapat..
    settingan transmit powernya dmna ya..?
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wlan - advance configuration :
      transmitting power .... defaultnya 100%.

      Delete
  61. Mbak numpang nanya, ini kenapa ya kok zte dirumah jadi lelet udah berminggu minggu, apa perlu di factory reset ? Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Cek Jaringan, caranya lihat di http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/09/mengenal-indihome-100-fiber-bagian-1.html ...
      Jika masalah jaringan, harus dilaporkan aga diperbaiki.
      Bisa juga karena : Fair Usage Policy (FUP) . IndiHome 10 Mbps turun 75% dari 10 Mbps jika lebih 300 GB. Jika lebih 400 GB maka kecepatan menjadi 40%. (tapi kalo ini, logikanya tidak lebih satu bulan)

      Delete
  62. mbak.mo tanya
    indiehome di rmh saya. wifinya tidak masalah.koneksi pake kabel lan yg dari router ztenya bisa. tapi kalo saya perbanyak melalui switch tplink 8 port kok no internet access ya. kabel lan di cek ok. switch ok.diping ke zte ok. mohon solusinyambak. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di switch, apakah ada konfigurasi tertentu ?

      Delete
  63. bak saya baru masang speedy mulanya gak pakek telepon trus saya coba pakek telepon tersambung tapi kok gak bisa buat telepon apa ada pengaturan lain di modem ZTEnya

    ReplyDelete
  64. permisi.
    mau tanya, apakah tau caranya untuk modem ZTE F609 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk melihat password internet bisa dengan cara telnet seperti diatas

      Delete
  65. saya mau tanya mba,saya pake jaringan first media,modemnya cisco,kebetulan saya juga punya punya modem zte zxhn f609 ini,pas saya sambungin kabel lan dari modem cisco ke zte (maksudnya biar area wifi jadi lebih luas) kok koneksi yg di cisco jadi putus nyambung gitu ya mba ? apa ada settingan nya lagi ?

    ReplyDelete
  66. Permisi, mau numpang tanya. Saya kn baru pasang indihome dan mendapatkan modem ZTE F660. Yang jadi masalah, saudara saya yang ikut mengakses internet dari rumahnya, sinyalnya kurang bagus. Nah, akhirnya inisiatif membeli AP TP-WA5210G. Akhirnya setelah dipasang dengan urutan:
    Internet->Modem ZTE F660(wifi didisable)->TP-WA5210G(kabel utp diarahkan ke lan1 modem, setting TP-WA5210G sebagai AP, DHCP TP-WA5210G diposisi disable)
    Nah, pertanyaannya, kenapa dengan konfigurasi seperti itu malah tidak bisa mendapatkan IP ya? Terimakasih.

    ReplyDelete
  67. mba,saya mau tanya..di rumah saya memakai jaringan first media yg modemnya cisco,kebetulan juga dirumah ada modem zte f609,pas saya sambungkan lan dari cisco ke zte (maksudnya biar lebih luas area wifinya),koneksinya jadi putus nyambung,modem cisco nya ke nge restart gitu..apa ada settingan nya yang perlu di ubah mba ?

    ReplyDelete
  68. Maaf Mba Mau tanya, Saya baru melakukan Penggantian Jalur model lama ke Fiber, Petugas Memberikan Modem ZTE F609. yang saya dapati Modem sering restart sendiri dan Wifi tidak terdeteksi oleh Penrangkat lain

    ReplyDelete
  69. Informasinya bermanfaat banget, makasih udah sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama . Makasih kembali sudah berkunjung .....

      Delete
  70. mbak mau tanya apakah modem zte F609 bisa difungsikan agar kita bisa akses mikrotik dari luar jaringan (internet).

    ReplyDelete
  71. Mbak, saya pake fo telkom bandwith 1Gbps, jika langsung ke komputer client dapat speed LANnya 1Gbps, tp saat saya masukkan mikrotik Rb941-2nd untuk di NAT jadi speedLANnya 100Mbps apakah mempengaruhi kecepatan bandwith saya? Hmm apakah mikrotik router yang keluarannya juga 1Gbps? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandwidth LAN tidak mempengaruhi BW WAN.
      Untuk mencari Mikrotik, bisa lihat di www.mikrotik.com

      Delete
  72. maaf mbak mau nanya, saya baru pasang indihome telkom menggunakan ZTE ZXHN F609. nah waktu digunakan untuk wifi udah bisa internetan pakai hp udah nyambung, tapi kenapa kok untuk pc enggak conect ya mbak buat internetan. mohon bantuannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cek koneksi antara F609 dan PC, mulai pake kabel/wifi, kemudian apakah sudah mendapat IP Address valid, jika DHCP.
      kemudian coba cek, apakah ada proxy pada setting di browswer.

      Delete
  73. Informasi yang sangat berguna Ibu, boleh minta tolong bu, bagaimana seting modem ZTE ZXHN F609?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  74. sore mbak, saya mau tanya indihome gpon alcatel lucent sebelum di bridge dr telkom, bisa di akses melalui browser pc. namun setelah di bridge, saya tidak bisa akses lagi ke ont. tpi via wifi nya bisa. ip sudah disesuaikan. ping ke ont pun tidak bisa. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya, kalo memang mode bridge, akses internet melalui wifi ont juga tidak bisa.
      Apa sudah dicoba dial pppoe lewat pc dan berhasil ?

      Delete
    2. dial pppoe via pc blm sempat saya coba krn saya skrg langsung set dial up nya via mikrotik. dan itu tidak ada masalah sdh terkoneksi baik. mengenai akses internet via wifi ont,justru bisa mbak. ip ont saya set 192.168.1.1 sementara saya login ke ont via wifi ont dengan ip tsb jg. tapi login via pc dengan ip tsb tidak bisa mbak. itu sdh saya coba tanpa mikrotik, menghubungkan port lan ont internet yg sdh di bridge langsung ke pc. di pc saya sdh coba set ip automatic dan ip sesuai segmen ont, ttp ga bisa.

      Delete
    3. Ow, sebenarnya internet nya tidak bermasalah.

      di ONT ALU, Port LAN yang diset sebagai bridge, berfungsi untuk komunikasi layer 2. (saya rasa di port LAN ini tidak akan mendapat ip address automatic dari dhcp ONT).

      Kalo ingin login ont , gunakan port LAN yang diset sebagai route.

      Delete
  75. mbak mau tanya.. newbie ni saya..

    saya kan berlangganan indihome.. nah klo mau connect indihome yang ada di jaringan wifi id bagaimana caranya ya mbak?? mhon bantuan nya.

    trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lihat di : http://www.indihome.co.id/wifiid-seamless

      Delete
    2. mbak erna..

      aduh mbak.. apa bisakah login telnet ini di ubah ?? atau port 23 untuk telnet nya kita tutup agar tidak bisa telnet lagi ??

      telnet ini celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggunh jawab untuk mencuri koneksi kita dan mengutak atik router kita.

      kita berlangganan bayar lho mbak.

      mohon di replay mbak. terima kasih.

      Delete
    3. terima kasih mbak atas bantuan nya.. saya sudah bisa bisa auto connect dimana pun saya terhubung dengan jaringan wifi.id. :)

      Delete
    4. saya belum pernah mencoba untuk mengubah login telnet atau menutupnya

      Delete
    5. selamat ber-internet di wifi.id

      Delete
  76. klo begitu mhon di share cara agar router cuman mengijinkan mac address qta sndri aja y bsa connect nya mbak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya share di http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/05/membatasi-gadget-yang-bisa-terhubung-ke.html

      Delete
  77. wah.. bgus skali ini blog nya mbak.. jadi nambah ilmu bagi saya yg awam ini..

    btw mbak.. untuk telnet ke ONT HUAWEI HG8425A saya bagaimana caranya ya mbak??

    mohon balasannya. terima kasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. commandnya beda. untuk melihat konfigurasi menggunakan display.... saya belum banyak mencoba disini.
      untuk melihat command yang ada , bisa dengan ? (tanda tanya)

      Delete
  78. beda ya mbak command telnet nya untuk tau no speedy di huawei hg8245a ??

    bsakah tolong dshare command nya mbak untuk hg8245a..?? ;(

    ReplyDelete
  79. saya pake indohome modem zte f609 tapi telepon rumahnya ga bisa aktif..gimana cara mengaktifkannya? mohon pencerahannya gan.trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara cek paling sederhana : cek koneksi kabel dari telepon ke f609. coba pindah ke port yang satunya, barangkali kebalik. Jika kabel bagus dan keduanya tidak ada tone, kemungkinan problem di konfigurasi telkom, ... lapor gangguan

      Delete
  80. Saya sudah upgrade firmware di F660, tapi selang beberapa lama otomatis balik lagi firmwarenya ke versi defaultnya :(
    Ada solusinnya ? :( help

    ReplyDelete
  81. Mbak Ambar, STB / TV dapat IP Address darimana? Apakah dari ONT/Modem, atau darimana ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari DHCP Server yang ada di Sistem Layanan IPTV / Middleware

      Delete
  82. mbak ambar mau nanya... newbie nih :)

    saya baru pasang indihome telkom menggunakan ZTE ZXHN F609. nah waktu digunakan untuk merubah mode disabled pada Access Control List ke mode permit, begitu di add langsung gak bisa connect atau internetan. Bagaimana mengembalikan ke settingan awal (disabled) sedangkan untuk connect saja gak bisa,,mohon bantuannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Access Control List yang di WLAN ?... kalo mac address nya kosong berarti tidak satupun bisa connect.
      Untuk mengembalikan, koneksikan laptop pake kabel UTP lewat port LAN1, kemudian buat disabled.

      Delete
  83. Permisi mbak erna, saya pengguna indihome yg memakai modem ZTE ZXHN F609.untuk versi modem tersebu apakah bisa seting jarak jangkauannya? Maksutnya bukan untuk memperluas, melainkan untuk mempersempit jangkauannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada WLAN - Basic, transmitting power : dikecilkan

      Delete
  84. Salam mbak erna.
    Adakah cara/tutorial agar wifi dr modem zte tdk ter-bypass?
    Jd IP yg didapat bs dr mikrotik. Klo langsung dr modem, alhasil bandwidth tdk dpt diatur.

    Trimakasih sbelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa, karena subnet nya berbeda, dan dari subnet mikrotik untuk menuju subnet nya zte membutuhkan nat.

      Delete
  85. malam mbak Erna, saya faruk mau tanya indihome di rumah saya pakai modem alcatel lucent. kenapa wifi saya tdk bisa terkoneksi dg hp samsung dan iphone, sementara bila pakai laptop bisa dipakai. padahal pasword wifi-nya sudah betul. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  86. Saya mau coba utk bridge modem huawai tapi tidak ada menu bridge, kebetulan pakai indihome fo. minta saran dan solusinya..?

    ReplyDelete
  87. Assalam Mba Erna, baru saja ZTE F660 IndiHome tanpa sengaja sy reset factory default, dan setting omci_ipv4_ppoe hilang, bagaimana cara mengembalikan settingan tersebut? alhasil sekarang sy online via modem broadband :-), atau adakah software setting otomatis seperti waktu speedy dahulu, jadi kita tinggal memasukkan username dan passwordnya, Trimakasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarpun direset , seharusnya omci tidak hilang, krn omci tidak disimpan di f660. Coba hidupkan lagi f660 nya, apakah omcinya masih hilang ? ... kalo iya, kita bisa konfigurasi sendiri pppoe nya dengan syarat tahu : nomor vlan, username dan password... kalo nggak tahu, ya... lapor saja ke telkom.

      Delete
  88. misi admin, cara mengetahui nomor internet dari modem zte f609 ad gak, soal nya lain, ane agak bingung
    trims. :D

    ReplyDelete
  89. Modem zte f660 cara seting voipnya gimana ya mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Settingnya dari backroom telkom. Voice nya masalah ?

      Delete
  90. Mbak Erna, saya indihome pake modem F660. trus saya pasang CCTV prolink PIC2100WE, kenapa CCTV ndak bisa kirim peringatan via email. keterangannya : cannot open SMTP port 25.

    apa keuntungan di mode bridge dari pada ppoe?

    ReplyDelete
  91. Habis migrasi dari ADSL ke FO. Sebelumnya pas pake modem ADSL disambung dengan router/AP TPLINK lancar2 aja. Setelah migrasi ke FO, router TPLINKnya gak mau konek dengan jaringan WAN Modem ZTE F609. Masalahnya ada dimana ya???

    ReplyDelete
  92. Habis migrasi dari ADSL ke FO. Sebelum migrasi modem ADSL dikoneksikan dengan router/AP TPLINK lancar2 aja. Setelah migrasi, modem ZTE F609 dikoneksikan lagi dengan router/AP TPLINK lama, tapi kenap routernya gak bisa detek WAN dari modem ZTE ya? masalahnya kira2 apa? thx

    ReplyDelete
  93. mbak setting modem alcatel lucent supaya bisa diremote dari luar jaringan gimana ia?

    ReplyDelete