Sunday, September 13, 2015

Cek Status Internet IndiHome (Speedy)


Darimana saya tahu, layanan internet (Speedy) saya baik-baik saja ?

Jika tidak bisa browsing, jangan terburu-buru untuk lapor 147, siapa tahu problemnya bukan disisi PT Telkom
Hal yang pertama kali dilihat adalah Cek Status Jaringan . Baru kemudian kita cek status layanan.

Jika pelanggan tidak meminta, secara default ONT untuk layanan internet (speedy) dikonfigurasi mode 'Router'

Jika menggunakan ONT ZTE F660 , dapat dilihat pada menu : Status - Network Interface




Jika status sudah "connected", dengan dilengkapi IP Address Public dan DNS, artinya internet IndiHome bisa digunakan.
Masih belum yakin ? Kita bisa cek melalui menu : Administration - Diagnostic - Ping Diagnostic

Inputkan salah satu website pada IP Address or Hostname , disini diberikan contoh : www.sledeshare.net , kemudian pilih WAN Connection : omci1_pppoe. Kemudian klik : submit. Hasilnya : jika reply berarti terkoneksi.


Jika menggunakan ONT Huawei HG8245A , dapat dilihat pada menu : status - wan information :


Jika Status sudah 'connected' pada mode PPPoE dan mendapatkan IP Address public, maka koneksi internet sudah berhasil,

Sudah dapat IP Address Public, belum bisa browsing

ONT sudah mendapat IP Address untuk layanan Internet (Speedy) namun belum bisa browsing, problemnya bukan di jaringan atau user internet (speedy). Beberapa kemungkinannya adalah : konfigurasi ONT kearah user, konfigurasi PC atau gadget yang digunakan, bisa juga user diisolir.

Konfigurasi ONT kearah user (gadget) bisa berupa :
  • setting pemilihan port (LAN atau Wifi). Kedua ONT yang dibahas mempunyai LAN1, LAN2, LAN3 dan LAN4 atau wifi (SSID1, SSID2, SSID3 dan SSID4)
  • Setting alokasi IP address PC/Gadget, manual/static atau automatic/dynamic.
    Sebagai contoh disini : Pada ONT ZTE F660 (versi firmware tertentu), default DHCP pada sebuah SSID, dibatasi 10 user. Walaupun pada setting Wifi, dialokasikan maksimum 32 user, namun user ke 11 tidak mendapat alokasi IP Address secara automatis. Untuk mengatasinya, kita bisa menambah jumlah DHCP client.


Lihat artikel terkait

28 comments:

  1. Apa bedanya dengan Ping di command promt windows?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ping pada diagnostic di ONT digunakan untuk test dari ONT sampai 'yang dituju' misalkan google.co.id.
      Kalo' ping dari command windows, berarti koneksi dari laptop/PC.

      Delete
  2. Dear Bu Ambar,
    Blog nya sangat membantu saya yang newbie dan modal penasaran kalau soal router, karena selalu ingin mendapatkan speed max sesuai yang saya bayar hehehe
    Pertanyaan saya, seputar NAT, apakah itu?
    Saya punya PS4, hasil setting internet di PS4, kadang menghasilkan NAT Type 2 dan lebih sering mendapatkan NAT Type 3. Bagaimana agar saya selalu mendapatkan NAT Type 2, karena PS4 mengatakan type 2 itu open, dan tidak restricted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga.
      Makasih ya, sudah berkunjung ke blog ini.
      Untuk pertanyaan, saya jawab dibawah.
      Menurut saya, Internet IndiHome cukup murah karena kita mendapatkan load yang unlimited.
      Sepanjang yang saya tahu, di Jakarta dan banyak kota yang lain, speed cukup bagus jika kondisi jaringan akses kita tidak bermasalah.

      Delete
  3. assww bu ambar
    aku pengguna setia telkom (indihome) dan newbie dan modal autodidak,dan seringkali kecewa karena tidak mendapatkan speed maximal. aku sering meminta admin di twitter utk merefresh jaringan atau router aku, sepertinya sering berhasil. test ping di CMD hasilnya cukup lumayan. tp adakah cara lain utk aku gak usah selalu menghub 147 atau @telkomcare, tp aku bs mendptkan speed max, adakah caranya?
    krn petugas bilang speed indihome tidak dishare ke pelanggan lain, apakah itu betul?
    pertanyaan selanjutnya (maap banyak bu), aku juga gamer PS4, setting internet ps4 hasilnya sering NAT type 3 yg katanya PS4 itu adalah restricted dibanding type 2 yg open. mhn jelaskan apa itu NAT dan apa itu manfaat bagi kami pelanggan? apakah indihome membatasi NAT?
    dan bgmn supaya setting router aku selalu NAT type 2, adakah manualnya seperti misal merubah IP, DNS, atau konfigurasi router?
    terima kasih, semoga pencerahan ilmu ibu ambar bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam.
      1. yang saya ketahui, refresh router (ONT) dari perangkat telkom mempunyai fungsi yang sama dengan restart ONT dirumah.
      2. Speed yang diberikan oleh Telkom, memang dedicated (tidak di share), dari OLT ke ONT, misal: kita langgana IndiHome 10 Mbps, Telkom mengalokasikan 12 Mbps. Dari OLT sampai dengan BRAS, telkom masih bisa memberikan garansi speed (tergantung lokasi). Dan dari BRAS sampai dengan server di Internet, berlaku hukum yang ada di dunia internet, tergantung trafik, BW, dan server. Kondisi LAN merupakan tanggung jawab pelanggan.
      3. Untuk PS4, maaf, saya nggak kompeten disini .
      4. Jika NAT yang dimaksud adalah Network Address Translation, adalah protocol dalam TCP/IP yang digunakan untuk mentranslasikan IP Address dari satu Network ke Network yang lain. Misal: IP gadget (di LAN) : 192.168.1.2 dan IP Address public (Internet IndiHome) : 118.12.14.234, maka ketika paket IP dar LAN melewati router,router mengubah alamat menjadi IP publicnya dan sebaliknya.

      Delete
    2. Baru terpikit, untuk PS4 mungkin maksudnya konfigurasi port forwarding ? coba lihat di manual, menggunakan nomor port berapa saja kemudian inputkan ke ONT. disini contoh konfigurasi untuk port forwarding : http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/06/konfigurasi-port-forwarding-pada-ont.html.

      Delete
    3. iya betul bu,
      untuk setting konfigurasi port di ONT huawei bagaimana ya?

      thanks

      Delete
    4. Menu yang digunakan untuk adalah : Forward Rules - Port Mapping Configuration.

      Delete
  4. saya sudah mengikuti tutorial port forward, tapi setelah dcek dengan port checker, knp y port tersebut masih tertutup? thank u sblmnya..

    ReplyDelete
  5. koneksi indihome saya setelah mati lampu tidak connect internet,tetapi useetv connect. status wan untuk internet INTERNET_R_VID_... DISCONNECTED.lampu indikator PON menyala kuning,LOS tidak menyala.mohon info kira2 letak permasalahhnya dimana?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemunungkinan antara vlan, username atau password internet ada yang tidak sesuai

      Delete
  6. asssalamualaikum mba, punya saya RTO terus. tapi connected di info dvicenya. bagaimana mngatasinya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah di cek tahap demi tahap. ping dari laptop ke ONT, kemudian ke Gateway, ke DNS dst ... untuk lebih mempersempit letak permasalahan. Bisa juga dibandingkan dengan mennggunakan koneksi kabel UTP dari laptop ke ONT

      Delete
  7. Kok tiap kali saya mau main game online jaringannya selalu gak mau connect, padahal kalau browsing, youtube, ama FB lancar aja. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya, game online bekerja pada port tertentu, dan jika PC menggunakan IP address private, perlu konfigurasi port forwarding di ONT/Router.
      Bisa lihat contoh : http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/04/konfigurasi-port-forwarding-pada-ont.html ini ONT Alcatel Lucent
      http://ambarerna.blogspot.co.id/2015/06/konfigurasi-port-forwarding-pada-ont.html ini ONT ZTE F660
      Kalo pake ONT Alcatel, tinggal pilih port sesuai game, tapi kalo yang lain, kita harus input.

      Delete
  8. permisi mba, saya baru pasang indihome, saya harus udah bayar tagihannya, tapi gatau no tlpnnya, gimana ya cara liat no telpnnya. ONT ZTE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mudah, pake telepon.... hubungi HP sendiri. No telepon tampil di HP ....
      atau lihat di copy Berita Acara, yang diberikan teknisi pada waktu instalasi ke rumah.

      Cara kedua : Login ONT , ZTE : 192.168.1.1 user admin pass admin. Lihat menu Application - SIP Account .... itu ketemu no telepon.
      Cara lain, melihat no internetnya. Lihat menu : Network - WAN - WAN Connection , ada username .... itu no internet.

      Untuk bayar, bisa pake no internet atau no telepon.

      Delete
  9. Mba Erna , mau Tanya saya pake indihome, tapi port yang bias di pake hanya 2 (lan 1 untuk use tv, lan 2 bebas), terus saya minta lan 3 dan lan 4 di aktifkan, tapi sampai sekarang belum berhasil, apakah itu ONTnya rusak atau itu memang setingan yang di sengaja di ontnya, mohon penjelasannya Mba. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ONT nya yang rusak.
      Untu mengaktifkan LAN 3 dan LAN 4, dilakukan dari perangkat yang ada di Telkom.

      Delete
  10. mbaaa.. saya mau nanya, jadi saya punya problem di indihome saya(yang sebelumnya gaada masalah). jadi pas mati lampu, sehabis nyala.. wifi gabisa connect lagi.. lampu semua nyala normal (los mati). abis itu saya cek di menu 192.168.100.1. pas saya cek WAN information.. ada wan name yg namanya "2_INTERNET_R_VID_200" itu DISCONNECTED. mohon, apakah gara2 ini jadi gabisa browsing/gabisa ngapa2in tapi WLANnya connect. mohon pencerahannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar.
      wlan connect, artinya hubungan hanya terjadi dari ONT(modem) ke laptop/gadget lain.
      2_INTERNET.... , harus connected dan ada IP Addressnya, ini koneksi jaringan ke sistem internet.
      Apakah useetv dan teleponnya bisa ?
      coba di restart(matiin dan hidup in lagi) ONT nya.

      Delete
    2. udah berkali2 di restart.. bahkan udah berhari2.. tetep aja gabisa ngapa2in.. sebelum kejadian mati lampu masih aman2 aja... sehabis itu wifi nyala tapi gabisa ngapa2in/internetan... posisi useetv juga ganyala dari sananya mba... tapi caea biar 2_INTERNET.... itu bisa connected lagi gimana ya? mohon pencerahannya

      Delete
    3. lapor ke telkom aja.... biar di cek problemnya dan diperbaiki.

      Delete
  11. permisi bu erna saya mau nanya,

    apakah untuk ont ZTE yang di rumah bisa di akses / di remote dari luar,?? kan biasanya kita klo mau ganti password / SSID kita harus masuk ke ont dengan ip 192.168.1.1 barulah kita bisa ganti

    tapi kali mau gantinya dari jarak jauh apakah bisa bu konek ke 192.168.1.1 ituh ?
    mohon pencerahnanya bu trimksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan beberapa cara, ONT bisa diremote dari luar LAN , tetapi bukan menggunakan IP Address192.168.1.1
      Ada artikel di blog ini

      Delete
  12. punten bu erna saya mau tanya apakah ont ZTE bisa di akses dari luar jaringan ituh sendiri , seperti mau ganti nama wifi + pass,a Trimksih sebelum,a

    ReplyDelete