Saturday, January 13, 2018

Password Admin ONT ZTE F660 .... tidak tahu ?

Buat apa, kita login ke ONT... ada banyak alasan, ada yang sekedar ingin lihat dan mencoba fiturnya dan ada yang ingin memanfaatkannya. Atau ingin mengganti SSID dan password wifi... mungkin ini yang paling banyak penggunanya.


Untuk login ke ONT ini, defaultnya disediakan dua username yaitu admin dan user. Jika membutuhkan menu yang lengkap, menggunakan user : admin, sedangkan user : user , digunakan untuk fitur yang terbatas.

Bagi pelanggan IndiHome yang suka memanfaatkan fitur yang ada pada ONT ZTE F660, ada yang mengalami masalah password ... admin error.... Bahkan di reset pun, tetap saja tidak bisa menemukan password default. Karena password ini sengaja diganti oleh Telkom, dengan alasan untuk melindungi pelanggan dari hacker.


Tahun lalu, banyak diskusi .. apa passwordnya ? kok berubah ? bagaimana mendapatkannya ? ...

Kali ini, saya share kalo nggak bisa login admin.

Untuk setting ke arah LAN, kita bisa menggunakan username : user dengan password : user. Ini default (dan default ini bisa diganti).


Dengan user ini, kita masih bisa cek jaringan akses, cek koneksi, mengatur DHCP, mengatur SSID dan password wifi.

 Apa yang tidak bisa kita lakukan dan sering menjadi diskusi kita ? diantaranya adalah : port forwading dan mengakses ONT dari remote. Seandainya, kita masih punya login admin , fitur inipun kemungkinan besar tidak akan bisa difungsikan karena IP Address yang diperoleh untuk internet IndiHome sekarang ini bukan lagi IP Address Public... ya, mungkin masih ada yang beruntung, tapi sebagian besar IP Address Private. Kebijakan ini diimplementasikan karena banyaknya user yang membutuhkan IP Address versi 4 karena mereka menginginkan koneksi ke internet sedangkan jumlah IP Address Public tidak bisa mencukupi. Sementara untuk migrasi ke IP versi 6 masih belum sepenuhnya dilakukan.

Bagaimana dengan setting kearah WAN ? Setting untuk Internet, VoIP dan UseeTV semua dilakukan dari sisi Telkom.

Bagaimana jika masih membutuhkan password untuk login username : admin ? ... silakan klik disini

No comments:

Post a Comment