Tuesday, December 22, 2015

Konfigurasi Repeater pada Access Point untuk memperbesar cakupan area Wifi


Misalkan, kita mempunyai Internet IndiHome (bisa akses internet yang lain), ONT/Home Gateway disetting sebagai router untuk layanan internet, dan terdapat fasilitas wifi pada ONT tersebut.

Kemudian mempunyai problem akses internet di rumah :  area cakupan wifi terbatas. Misalkan : didalam kamar atau didapur, signal wirelessnya lemah, mengakibatkan internet lambat, bahkan putus-putus.

Bagaimana mensolusikannya ?



Terdapat beberapa pilihan perangkat yang digunakan didalam LAN, seperti :  repeater, hub, LAN extender, bridge, LAN switch dan router.

Pada posting kali ini, saya memberikan contoh menggunakan wireless repeater sebagai cara yang mudah untuk menambah cakupan area LAN di rumah, karena selain tidak perlu tambahan instalasi kabel UTP , untuk mengkonfigurasipun tidak sulit. Selain itu, perangkat ini harganya tidak mahal dan banyak di pasaran.

Sebagai contoh konfigurasi, saya menggunakan Access Point TP Link WA701ND.

Dalam Basic Internetworking, yang dimaksud repeater adalah :
  • Repeater adalah perangkat pada layer physical (OSI Layer) yang digunakan untuk menghubungkan segmen media pada sebuah jaringan yang ditujukan untuk memperluas cakupan jaringan tersebut.
  • Repeater menerima signal dari sebuah segmen network dan memperkuat signal kemudian mengirimkan ke segmen network yang lain.
  • Repeater dapat menjaga dari signal yang tidak baik yang disebabkan oleh jarak atau banyaknya perangkat yang terhubung.
  • Repeater tidak mampu mem-filter kinerja yang rumit dan memproses trafik yang lain.
  • Sebagai tambahan, semua signal electric , termasuk gangguan electric dan error-error yang lainpun, diulang dan dikuatkan juga

Cek signal

Cek signal wifi Access Point yang akan diperluas menggunakan repeater :



Pada contoh ini, akan dibandingkan kekuatan signal dan speed wifi yang diperoleh antara sebelum dan setelah menggunakan repeater. Sebelum ditambahkan repeater, signal yang diperoleh laptop lemah dengan speed 1 Mbps.

Mengkonfigurasi Access Point sebagai Repeater

Hubungkan Access Point dengan Laptop menggunakan kabel UTP.

Untuk mengkonfigurasi Access Point, kita menggunakan web browser menuju IP Address Access Point.  Dari manual Access Point, diinformasikan IP Address Access Point : 192.168.0.254.

Karena DHCP tidak aktif, saya  mensetting IP Address laptop secara manual, contoh disini : laptop saya alokasikan IP Address : 192.168.0.60/24.



Buka browser dan inputkan IP addess AP : 192.168.0.254, dengan user : admin dan password : admin.


kemudian klik OK.

Untuk membuat konfigurasi, bisa menggunakan quick setup atau Operation Mode. Disini, saya memberikan contoh menggunakan Operation Mode.



Dari Menu : Pilih Operation Mode kemudian klik Repeater.


Berikutnya : ke menu wireless - wireless setting, klik survey, untuk menemukan daftar access point yang signalnya tertangkap oleh repeater.


Tunggu proses survey sampai muncul AP list seperti contoh dibawah. Klik 'connect' pada SSID yang akan digunakan.


Berikutnya, akan tampil SSID yang kita pilih beserta dengan MAC Address Access Point. Jika SSID yang diinginkan sudah sesuai, klik 'save' untuk menyimpan konfigurasi.


Setelah itu, ada permintaan untuk reboot Access Point, klik pada 'click here'.


Kemudian klik 'reboot' dan tunggu sampai selesai proses.




Setelah selesai mengkonfigurasi, kabel UTP antara Access Point dengan Laptop bisa dilepas. Dan Coba kembali untuk mengakses SSID yang tadi (contoh disini : SSID : erna). Signal menjadi lebih besar dan MAC Address yang terhubung langsung ke laptop adalah MAC Address Access Point.


Setelah terjadi koneksi, Interface Laptop mendapat IP Address DHCP dari 'Router wifi IndiHome'. Default Gateway adalah IP Address interface   'Router wifi IndiHome' kearah jaringan private. 


Gambaran koneksi antara laptop, Repeater (Acces Point yang difungsikan sebagai repeater) dan Router wifi IndiHome dijelaskan sebagai berikut :



Secara physical, laptop terhubung ke AP yang berfungsi sebagai repeater, tetapi tidak mendapatkan IP Address dari AP tersebut, namun mendapat IP Address dari ONT IndiHome. Aktifkan DHCP pada ONT jika ingin mendapat IP Address secara otomatis.


Referensi :
Cisco - Internetworking Technical Handbook

12 comments:

  1. Saya punya HG ZTE F609 dan repeaternya PROLiNK WNR1012, saya sudah melakukan berbagai cara agar memperluas jangkauannya, tapi repeaternya tetap tidak bisa konek ke HG, bagaiman setingannya untuk repeaternya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan browsing nanyain pak google .... Coba link ini, barangkali bisa membantu .... http://www.prolink2u.com/download/others/Universal-Repeater-Setup%20Guide-AP%20Client-mode_WNR1012_0706.2012.pdf

      Delete
    2. Saya udah coba caranya tapi tidak mau terkoneksi, apa ada konfigurasi lebih lanjut seperti ada perubahan dalam setingan ip address, dll.

      Delete
  2. mohon tambahan untuk bridge dari wireless router indihome ke wireless router pribadi menggunakan kabel UTP. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa maksudnya seperti ini ? http://ambarerna.blogspot.co.id/2016/01/konfigurasi-access-point-tp-link-tl.html

      Delete
  3. ini penulis berdasarkan praktek pengalaman pribadi, atau hanya copy paste tanpa dasar pengetahuan.

    mode reapter tp-link tsb itu tidak bisa di gunakan dengan ssid memakai passwod wpa/psk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua yang saya tulis yang sifatnya praktis ... sudah saya praktekkan. Capture perangkat, hasil capture saya sendiri ...
      Artikel yang ini... pake tp link saya sendiri.

      Delete
    2. deny hariyadi
      tergantung type TP LINK tersebut support apa tidak, untuk seri seri tertentu memang hanya bisa di set WEP security untuk type terdahulu, tapi untuk beberapa type terbaru feature Extender range, bisa kita set securitynya dengan WPA2 PSK sesuai dengan pass AP induk, dan saya sudah coba di TL WA 7201 N berjalan dengan baik. thanks

      Delete
  4. Makasih kak erna infonya. Tapi saya masih sedikit bingung untuk pengaplikasian nya. Mohon tutorial nya kalo bisa by phone makasih kak erna
    Nomer saya 081318463172 line abdel.fahri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, belum bisa tutorial lewat telepon.

      Delete
  5. mbak enaknya kalo batasi kecepatan di wifi buat user gimana ya? maksudnya koneksi indihome di rumah hanya 1 wifi tapi di pake banyak orang n wifi tersebut ga ada semacam qos limit nya HG dan satu masalah lagi dibeberapa tempat sinyalnya suka ilang...maksud saya jadi saya rencana beli semacam modem wifi lagi untuk buat beberapa wifi akses point yang tiap2 akses pointnya udah dikasi speed limit ya misal 5 akses point masing2 2mbps dari line indihome yang 10mbps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa cara untuk membatasi bandwidth user. Beberapa router untuk membatasi bandwidth user, dintaranya mikrotik yang menyediakan tutorial di mikrotik.co,id.
      Saya sudah pernah mencobanya... InsyaAllah lain kali buat tutorialnya

      Delete